Keutamaan Mengingat Mati

Dalam hidup ini kita perhatikan bahwa tidak mungkin kita hidup selamanya,bahwa datangnya kematian tidak bisa di sangka-sangka.Maka dengan mengingat mati mempunyai beberapa keutamaa.Manusia disuruh agar banyak mengingat mati,akan menghapuskan segala dosa dan menyeababkan kezhudan dunia. Nabi bersabda:

 

Artinya: ” Perbanyaklah mengingat kematian,sebab yang demikian itu akan menghapuskan dosa dan menyebabkan timbulnya kezuhudan di dunia” (HR. Ibnu Abid Dunya )

Dengan memperbanyak mengingat mati maka akan mampu melenyapkan segala macam kelezatan,sebagai mana sabda nabi Saw :

 

Artinya: ” Perbanyaklah mengingat-ngingat sesuatu yang melenyapkan segala macam kelezatan ” (H.R. At tirmidzi)

Dengan mengingat Mati ,maka sebagai penasehat bagi insan yang benar-benar berfikir tentang pentingnya memperbanyak mengingat mati .nabi SAW bersabda :

Artinya: ” Cukuplah kematian itu sebagai penasehat ” (HR. Tabrani dan Baihaqi)

Manusia dinamakan cerdik ,bila dalam hidup ini memperbanyak mengingat mati.

 

Artinya: ” Secerdik-cerdiknya manusia ialah yang terbanyak mengingat kematian,serta terbanyak persiapannya untuk menghadapi kematian itu  mereka itulah orang-orang yang benar-benar cerdik dan mereka pergi ke alam baqa dengan membawa kemuliaan dunia serta akhirat” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Abid Dunya)

Masalah kematian tidak mungkin kita hindari,bagi mereka yang tidak sadar akan datangnya ajal.maka dia akan tengelam dalam kemewahan dunia yang sifatnya sementara,padahal masalah kematian pasti akan menemui kita,sekali pun kita lari dari padanya.

 

Allah berfirman: ” Katakanlah: Sesunguhnya kematian yang kamu lari dari dari padanya,maka sesunguhnya kematian itu menemui kamu,kemudian kamu akan dikebalikan kepada(Allah) yang mengetahui yang qhaib dan yang nyata,lalu dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan( Q.S Al- Jumat : 7)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s